Silver stainless replica watches uk animate watch added abiding business, is abutting rolex replica watches to an accustomed watch, the rolex uk added two are for Leather Watchband design, added minimalist fashion.
Daftar Pelajaran
Pelajaran Discover
Panduan DISCOVER 18

Rahasia dari Gaya Hidup Sehat

Para peneliti zaman sekarang dengan bersusah payah mendokumentasikan suatu kebenaran yang pertama-tama telah ditetapkan di dalam Alkitab: manusia adalah kesatuan yang utuh. Apa yang sering kita bagi-bagi menjadi bagian fisik, mental, dan rohani seseorang adalah benar-benar saling berhubungan dan tak terpisahkan. Dengan kata lain, apa yang mempengaruhi pikiran, akan mempengaruhi tubuh. Kondisi kerohanian kita mempunyai pengaruh pada keadaan fisik kita, dan sebaliknya. Kita adalah manusia yang utuh. Sebagai contoh, peneliti-peneliti ilmu pengetahuan menemukan dalam penelitian terkontrol bahwa kebahagiaan, dan tawa yang penuh kesenangan menghasilkan suatu perubahan yang besar dalam sistem kekebalan tubuh. Anda sebenarnya dapat menolong tubuh anda melawan penyakit dengan lebih baik yaitu dengan kegembiraan! Penyelidikan-penyelidikan ini menunjukkan bagaimana eratnya kerjasama antara pikiran dan tubuh. Ribuan tahun yang lalu Firman Allah menunjukkan hubungan penting antara pikiran dan tubuh yang baru akhir-akhir ini saja diterima di kalangan teori kesehatan: "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang" (Amsal 17:22). (Jika tidak disebutkan secara khusus, ayat-ayat Alkitab di dalam Panduan DISCOVER ini diambil dari Terjemahan Baru terbitan Lembaga Alkitab Indonesia). Menurut rasul Yohanes, seberapa dekatkah pikiran dan tubuh kita pada keadaan kerohanian kita? "Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau BAIK-BAIK DAN SEHAT-SEHAT SAJA dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja." (3 Yohanes 2). Pencipta kita mau agar kita "baik-baik dan sehat-sehat saja". Firman Allah dapat melayani sebagai pancuran air kesehatan, dan juga sebagai pancuran air kehidupan kekal. Karena kesehatan fisik dan mental dan keadaan kerohanian kita berjalan bersama-sama, Paulus memberikan pernyataan berikut: "Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah." (I Korintus 10:31). Injil mencakupkan pemulihan fisik dan kerohanian. Gaya hidup yang sehat dapat menolong kita untuk menjadi umat Kristen yang bersemangat. Berikut adalah delapan prinsip untuk diikiuti jika anda benar-benar mau menjalani kehidupan yang lebih sehat dan produktif:

1. UDARA BERSIH

Udara bersih, segar adalah hal yang pokok untuk hidup sehat. Sepanjang hari dan saat tidur malam hari, ventilasi yang cukup dalam rumah dan tempat kerja kita menjamin bahwa darah kita akan selalu mendistribusikan cukup oksigen pada setiap jaringan tubuh kita. Menghirup udara pada saat berjalan pagi hari adalah suatu cara yang baik untuk melancarkan kelangsungan oksigen di dalam tubuh anda. Jenis udara yang kita hirup tentu saja penting. Hati-hati agar membiarkan diri anda menghirup asap, gas-gas atau udara yang mengandung bakteri dari sumber yang tersembunyi. Merokok menyebabkan polusi udara dan adalah salah satu pembunuh yang besar zaman sekarang ini. Penyelidikan ilmiah telah menunjukkan hubungan sebab akibat antara tembakau dan kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit jantung. Kecanduan tubuh terhadap nikotin di dalam rokok membuat merokok sebagai salah satu kebiasaan yang paling susah untuk ditinggalkan. Merokok akan membunuh 12 juta orang per tahun sampai tahun 2020 jika kondisi saat ini terus berlangsung.

2. SINAR MATAHARI

Keuntungan dari cahaya matahari ada banyak:
1. Lima belas sampai 30 menit di bawah sinar matahari setiap harinya pada pagi hari atau sore hari membantu tubuh untuk mensintesa atau membuat vitamin D-nya sendiri, suatu gizi pokok atau hormon penting untuk kulit. Vitamin D menolong darah untuk menghasilkan kalsium dan fosfor, yang membangun dan memperbaiki massa tulang.
2. Cahaya matahari bertindak sebagai pembasmi atau pembunuh bakteria.
3. Matahari menyediakan energi bagi tumbuh-tumbuhan agar dapat mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat... Tanpa proses ini, manusia dan hewan akan mati kelaparan.
4. Cahaya matahari juga menolong seseorang untuk beradaptasi dengan pekerjaan malam atau menghilangkan depresi yang berhubungan dengan hari-hari gelap selama musim dingin.
1. Peringatan: Sinar matahari dapat juga berbahaya. Membiarkan tubuh berlama-lama di bawah sinar matahari dapat membakar kulih, meningkatkan resiko kanker kulit, mempercepat proses penuaan, merusak mata, dan menyebabkan katarak. [Semua kutipan di dalam Panduan ini diambil dari Look Up and Live: A Guide to Health Adult Lessons, Kwartal Pertama 1993, (Nampa, Idaho: Pacific Press Publishing Association). Banyak bahan di dalam Panduan ini yang bukan dalam kutipan langsung adalah ringkasan dari sumber yang sama.]

3. ISTIRAHAT

Tubuh harus mendapatkan istirahat untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kita harus menyediakan waktu untuk berekreasi dan beristirahat untuk menghilangkan ketegangan dalam pekerjaan atau kewajiban keluarga. Tanpa istirahat yang cukup, orang sering kali mengalami kegugupan, depresi, atau mudah tersinggung. Tekanan emosi seperti itu dapat menyebabkan sakit, yang akan memaksa kita untuk beristirahat seperti yang dituntut oleh tubuh kita. Tidak ada pengganti dari tidur yang baik di malam hari. Mengisi kembali batere kerohanian setiap hari juga penting bagi kesehatan fisik. Renungan harian, belajar Alkitab, dan doa dari seorang Kristen akan menyembuhkan tubuh dan juga jiwanya. Kita juga memerlukan istirahat yang teratur dari pekerjaan, hari peristirahatan, dan liburan sekali dalam setiap enam bulan atau setahun.

4. Gerak badan

Gerak badan atau olah raga adalah penting bagi kesehatan kita:
1. Gerak badan membantu untuk menormalkan tekanan darah.
2. Gerak badan membiarkan lebih banyak darah untuk mencapai setiap jaringan tubuh, dan mempertahankan kehangatannya.
3. Gerak badan meringankan tegangan fisik dan emosi, membantu anda untuk merasa lebih baik dalam hidup.
4. Gerak badan memberikan energi listrik ke otak dan sel-sel syaraf. Hal ini memberikan kesehatan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh. Saat tubuh tetap sehat dengan latihan yang benar, otak berpikir dengan leibh kreatif dan efisien.
5. Gerak badan menjaga anda tetap tampak segar dan bugar.
6. Gerak badan membuat anda mempunyai lebih berenergi, dan memperlambat kelelahan fisik dan mental.
7. Hal ini menolong otak untuk memproduksi bahan kimia yang menolong anda untuk merasakan sehat dan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.
Jika anda belum pernah berolah raga, mulailah dengan pelan-pelan dan tingkatkan secara perlahan-lahan sementara anda menambah ketahanan. Mungkin lebih bijaksana jika anda berkonsultasi kepada dokter anda sebelum memulai. Tujuan anda seharusnya adalah melakukan olah raga apapun yang sebanding dengan berjalan sejauh satu mil (1.6 km) selama dalam 15 menit empat kali atau lebih setiap minggu.

5. AIR

Karena air dibutuhkan pada setiap sel dalam tubuh kita, kita harus minum banyak air.
1. Dalam ukuran berat, tubuh berisi kurang lebih 70 persen air.
2. Tubuh memerlukan kira-kira satu setengah atau dua liter air setiap harinya untuk menjalankan setiap fungsinya. Sebagian dari fungsi-fungsi ini termasuk sirkulasi darah, pembuangan, penyaluran gizi, dan pencernaan.
3. Rata-rata orang mempunyai 15 sampai 40 milyar sel-sel otak. Pada masing-masing sel, 70 sampai 85 persen bagiannya adalah air. Air yang cukup untuk menyediakan sel-sel ini menolong untuk menjaga anda siap secara mental dan mencegah depresi atau rasa tersinggung.
4. Bukan saja air yang anda minum itu penting. Mandi dengan air dingin atau hangat meningkatkan sirkulasi, dan menambah energi bagi tubuh dan pikiran. Mandi dapat juga menenangkan saraf yang terganggu, yang menyebabkan penyakit dengan melemahkan sisterm kekebalan tubuh. Mandi berendam dapat juga mengeluarkan kotoran di kulit dan menurunkan demam.

6. GIZI YANG BENAR

Saat penciptaan, Allah menginstruksikan Adam dan Hawa untuk makan makanan berupa kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan (Kejadian 1:29). Setelah Adam dan Hawa berdosa, sayur-sayuran ditambahkan dalam menu makanan mereka. (Kejadian 3:18). Setelah peristiwa air bah, sang Pencipta menambahkan makanan daging yang halal ke dalam menu makanan tersebut. (Kej. 7:2-3, 9:1-6). Daging hewan mengandung lemak jenuh dan kolestrol, yang meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, stroke, sakit jantung, kanker, kegemukan, sakit gula, dan penyakit lainnya. Saat ini, banyak dokter yang menyarankan mereka yang makan daging untuk hanya makan makanan tak berlemak, daging yang benar-benar masak, dan ikan, dan mengkonsumsinya tidak terlalu sering. Karena orang-orang yang mempunyai pola makan vegetarian lebih sehat dan hidup lebih lama, para peneliti gizi dan kesehatan mendorong kita untuk memikirkan agar kembali kepada pola makan manusia yang mula-mula yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan ditambah dengan sayur. Jika anda mau memulai menu vegetarian, pertama-tama anda harus mengerti bagaimana menyediakan menu makanan yang seimbang tanpa daging. Makan lima atau enam hidangan setiap harinya dengan bemacam-macam buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, tumbuhan polong, dan sayuran. Sayuran hijau dan kuni dan juga buah-buahan golongan sitrus (jeruk) sangat penting. Gunakan tepung dari biji-bijian, dan nasi merah gantinya nasi putih. Zat tepung yang dan karbohidrat yang anda makan seharusnya berisi enam hidangan atau lebih setiap harinya. Gantikan makanan dari lemak hewan (mentega, krim, lemak babi, lemak padat, dll) dengan lemak nabati. Menu makanan yang disebutkan di atas adalah cukup tanpa daging jika anda menggunakan bahan dari susu. Mereka yang memilih untuk makan daging sebagai bagian dari diet mereka, seharusnya hanya makan daging yang dinyatakan halal di dalam Alkitab atau cocok untuk dimakan. Saat Allah memberikan izin kepada manusia untuk makan daging setelah air bah (Kej. 7:2-3, Imamat 11:47), Ia menetapkan makanan daging mana yang halal, dan mana yang haram dan tidak cocok untuk dimakan. Baca di dalam Imamat 11 dan Ulangan 14 tentang jabaran dari burung, binatang darat, dan ikan yang dikatakan oleh Tuhan Allah tidak baik untuk dimakan. Sesuai dengan pasal-pasal ini, hewan yang halal harus mempunyai kuku yang berbelah dan memamah biak. Ikan yang halal harus mempunyai sisik dan sirip. Burung pemakan bangkai dilarang. Di antara binatang yang haram, babi khususnya disebutkan dan dilarang (Ulangan 14:8). Persentase yang tinggi dari tubuh mausia yang diotopsi terinfeksi terinfeksi oleh cacing pita babi. Cacing-cacing kecil ini ditularkan kepada manusia melalui daging babi yang terifeksi. Penelitian ilmiah akhir-akhir ini semakin menunjukkan mengapa Allah menetapkan bahwa beberapa jenis daging itu haram. Salah satu alasan mungkin bahaya penyakit, seperti cacing pita dalam daging babi. Alasan lain mungkin efek yang merusak dari lemak jenuh untuk sistem pencernaan manusia.


7. HINDARKAN HAL-HAL YANG MERUSAK

Peringatan apakah yang Alkitab berikan mengenai minuman beralkohol? "Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya." Amsal 2:1. "Pencuri, orang kikir, PEMABUK,
pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah." I Korintus 6:10. Alkohol mempengaruhi sistem tubuh berikut ini:
1. Sistem kekebalan tubuh. Alkohol menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melawan penyakit, maka itu meningkatkan resiko radang paru-paru, TBC, hepatitis, dan beberapa penyakit kanker.
2. Sistem kelenjar endokrin. Hanya dengan dua atau tiga minuman beralkohol setiap harinya meningkatkan resiko keguguran, kelahiran mati, dan kelahiran permatur.
3. Sistem sirkulasi. Penggunaan alkohol meningkatkan resiko serangan jantung, menurunkan kadar gula, dan meningkatkan lemak darah dan tekanan darah, sehingga meningkatkan tekanan darah tinggi.
4. Sistem pencernaan. Alkohol melukai perutsehingga menyebabkan lambung berdarah. Kebiasaan penggunaan alkohol meningkatkan resiko hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati. Alkohol bertanggungjawab atas persentase bunuh diri yang besar, kecelakaan lalu lintas, kasus penyiksaan anak, dan kekejaman dalam rumah tangga.

8. PERCAYA KEPADA KUASA ILAHI

Sesorang yang dihantui oleh ketakutan dan rasa bersalah akan sulit untuk menikmati keuntungan dari kebiasaan hidup sehat yang telah kita bahas. Tetapi seseorang yang memiliki iman positif kepada Tuhan akan mengalami sumber utama dari kesehatan. "Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang MENYEMBUHKAN SEGALA PENYAKITMU, Dia yang MENEBUS HIDUPMU dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat" Mazmur 103:2-4.

David Larson, seorang konsultan dari Institut National dan Kesehatan Mental di Amerika Serikat, melakukan penelitian menyeluruh mengenai hubungan antara keyakinan dan kesehatan. Penelitiannya menunjukkan hubungan langsung antara komitmen kekristenan dan kesehatan. Ia terkejut saat mempelajari bahwa mereka yang pergi ke gereja hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Orang-orang yang pergi ke gereja mempunyai penurunan serangan jantung, pengerasan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, dan penyakit lainnya. Mereka yang beriman kepada Tuhan hidup lebih produktif karena mereka pada umumnya jarang mengalami tekanani, kecanduan alkohol, dipenjara berulang kali karena melakukan pelanggaran, atau terperangkap di dalam pernikahan yang tidak berbahagia. Percaya dalam kuasa Allah adalah dasar keimanan pada kesejahteraan sejati dan hidup yang sehat dan bahagia. Kira-kira 50,000 umat Kristen Masehi Advent Hari Ketujuh diteliti, terutama di California, selama lebih dari 30 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa pria Advent hidup 8.9 tahun lebih lama dan wanitanya hidup 7.5 tahun lebih lama dibandingkan dengan masyarakat umum. Penelitian pada orang-orang Advent di Belanda, Norway, dan Polandia menunjukkan hasil yang serupa. Para peneilti mengaitkan jangka waktu hidup lebih panjang pada orang-orang Advent ini dengan mereka kepada beberapa atau semua dari delapan prinsip kesehatan yang digarisbesarkan di dalam panduan ini. Mereka yang mengikuti prinsip-prinsip ini bukan saja mempunyai hidup lebih panjang, tapi juga kualitas hidup yang lebih baik. Menerapkan perspektif Alkitab ke dalam kehidupan kita dapat membuat perbedaan secara praktis, menawarkan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa Kekiristenan adalah agama yang paling praktis dan masuk akal di dunia ini. Hal ini merubah cara orang berpikir dan bertindak dan menciptakan gaya hidup baru. Karena hubungan erat antara pkiran, tubuh, dan hidup kerohanian kita, orang Kristen yang hidup sesuai dengan Firman Allah akan mau mengikuti prinsip gaya hidup sehat ketika mereka bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali (I Yoh. 3:1-3). Kristus bukan hanya menginginkan agar kita bersiap untuk bertemu denganNya saat Ia kembali, Ia juga ingin meningkatkan kualitas hidup kita sekarang ini. Kita dapat bekerjasama denganNya dengan mengikuti prinsip-prinsip kesehatan dasar dari Tuhan. Yesus berjanji untuk menyelamatkan kita di setiap kebiasaanyang merusak melalui kuasaNya yang bekerja di dalm kita (Efesus 3:20). Jika anda mencoba untuk mengatasi beberapa kebiasaan tyang merusak tubuh seperti menggunakan tembakau atau minum-minuman beralkohol, pemecahan terbaik anda untuk berhenti seringkali menjadi sia-sia. Tapi dengan memilih kuasa Tuhan yang bekerja di dalam anda, Tuhan dapat memberikan anda kekuatan untuk mengatasiNya. Firman Tuhan menjanjikan, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku" (Filipi 4:13).

Hak cipta_ 2000 oleh The Voice of Prophecy
Box 53055, Los Angeles, CA 90053

Lembar Jawaban

Webmaster - breitling replica